Pekanbaru Tempo Dulu: Kampung Senapelan Awal Peradaban

Minggu, 30 Oktober 2016 09:00
Pekanbaru Tempo Dulu: Kampung Senapelan Awal Peradaban
Foto: Istimewa

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Deretan bangunan kumuh sudah menjadi pemandangan biasa. Semua masyarakat Kota Pekanbaru tahu, wilayah ini padat pemukiman. Kedaraan bermotor lalu lalang melintas bahkan sejak subuh buta.

Tidak hanya banyak kota di Pulau Jawa, Pekanbaru juga punya kota tua. Termasuk tempat-tempat yang masih menyimpan sejarah peradaban. Namanya Kampung Senapelan, letaknya tidak jauh dari pinggiran Sungai Siak. Jika berkunjung ke Kota Pekanbaru, dan menyempatkan diri singgah ke Pasar Bawah untuk membeli oleh-oleh, letaknya tidak jauh dari kawasan itu.

Kota Pekanbaru, kini terlihat metropolis. Deretan bangunan megah dan arsitektur modern dan Melayu tampil gagah, seolah menunjukkan keperkasaannya. Sekarang, kota ini juga menjadi lirikan para pebisnis. Letaknya yang strategis sangat memungkin bagi pengembang untuk tanam uang. Hasilnya tidak mengecewakan, karena selalu ada pengunjung yang dating walau hanya sekedar mampir, atau melepas rasa ingin tahu.

Jejak-jejak sejarah di Kampung Senapelan ini bersanding tradisi budaya Melayu yang masih bertahan hingga hari ini. Kampung Senapelan terletak di Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Dari tempat ini terekam potret jejak sejarah panjang perjalanan Kota Pekanbaru.

Beberapa objek wisata favorit di Pekanbaru yang bernilai sejarah, juga banyak berada di kampung ini. Kampung Senapelan, persis berada di pusat kota Pekanbaru. Di Kampung Senapelan ini pulalah banyak tersimpan warisan sejarah dan budaya.

Dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, cuma butuh waktu 15 menit untuk sampai di Senapelan. Berbagai jenis transportasi bisa menjadi pilihan. Ditempat ini, bangunan-bangunan dengan arsitektur kuno masih bisa dijumpai di kiri-kanan jalan. Sepanjang jalan banyak terdapat pusat-pusat perniagaan. Aktivitas perdagangan pun sangat terasa di sini. Tak heran, saat ini Pekanbaru berkembang menjadi salah satu kota bisnis termasyur di Indonesia.

Penulis: Melba

TRAVELLING

Berita Terkini

Minggu, 25 Juni 2017 13:11

Waktu SD Kamu Pernah Melukis Sawah, Pohon Kelapa dan Gunung, Wujud Aslinya Ada Di Sini

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), salah satu pelajaran yang paling menyenangkan adalah menggambar. Siapapun pasti 

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan
Minggu, 25 Juni 2017 10:56

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan

Ramadan sudah berlalu, Syawal sudah menyapa. Kemenangan atas perjuangan sebulan Ramadan disambut dengan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017. Namun demikian, selayaknya Ramadan bukan hanya ditinggal begitu saja. 

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara
Minggu, 25 Juni 2017 09:09

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat hotspot atau titik panas masih terdeteksi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Setidaknya hotspot yang terdeteksi berjumlah belasan, Minggu (25/06/2017).

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda
Minggu, 25 Juni 2017 08:31

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda

Cuaca mendung menghiasi pagi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Desa Banjar Seminai  yang berlokasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, masyarakat ramai berdatngan ke masjid untuk melaksanakan salat Ied berjamaah. 

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order 'Operasi Perawan'
Minggu, 25 Juni 2017 08:05

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order "Operasi Perawan"

Operasi mengembalikan keperawanan lagi musim di Tunisia. Gara-gara itu, maka dokter kebanjiran order. Perempuan-perempuan muda antri untuk mengembalikan selaput dara (hymen). Kendati dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan
Minggu, 25 Juni 2017 07:25

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan

Minggu (25/06/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kondisi Riau dan sekitarnya cerah berawan. Sehingga bagi umat muslim dapat melaksanakan salat di luar masjid.

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah
Minggu, 25 Juni 2017 01:05

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah

Pasca kegiatan pawai takbir akbar Teluk Kuantan, Senin (24/6/2017), area Taman Pacu Jalur yang merupakan pusat pelaksanaan kegiatan berubah menjadi tumpukan sampah.

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah
Sabtu, 24 Juni 2017 23:56

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah

Sabtu (24/6/2017), pelaksanaan pawai takbir akbar menyambut datangnya 1 Syawal di Teluk Kuantan berlangsung meriah.

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas
Sabtu, 24 Juni 2017 23:05

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, ada keceriahan dari balik jeruji penjara.Terdapat 382 narapidana yang beragama Islam menikmati kebebasan. Mereka mendapat Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 2017.

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit
Sabtu, 24 Juni 2017 22:35

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit

Bukit longsor, ratusan orang tertimbun tanah.