Walikota se-Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

Selasa, 06 Pebruari 2018 19:30
Walikota se-Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – 24 orang Walikota se-Sumatera yang menghadiri kegiatan Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (MUSKOMWIL I APEKSI), memuji pembangunan pesat Kota Pekanbaru, terutama di bawah kepemimpinan Walikota Firdaus.

Salah satu yang memuji ialah Airin Rachmi, Walikota Tangerang Selatan yang juga merupakan Ketua Umum APEKSI. Airin bahkan secara blak-blakan menyampaikan pujiannya saat berada di Pekanbaru selama beberapa hari kemarin.

Selain memuji, walikota berparas cantik ini bahkan tidak sungkan mengatakan akan meniru inovasi perkembangan Kota Pekanbaru yang diterapkan oleh Walikota Firdaus. Salah satu inovasi perkembangan Kota Pekanbaru yang akan diadopsinya ialah salah satunya penerapan smart card.

"Saya sangat kagum dengan inovasi yang dibuat Pak Firdaus untuk memajukan Kota Pekanbaru dalam hal pelayanan dengan adanya smart card. Ada kemungkinan kami (Tangerang Selatan) akan mencontohnya, karena smart card ini sangat menarik dalam penggunaannya. Apalagi dengan adanya kartu ini, masyarakat merasa dimudahkan," ujar Airin.

Selain salut melihat perkembangan Kota Pekanbaru yang sudah mulai menggunakan pelayanan kepemerintahan dan masyarakat yang berbasis non tunai (smart card), Airin juga mengatakan kesalutannya melihat tatanan Kota Pekanbaru yang tidak hanya berpusat pada satu daerah saja.

"Salut buat Pak Wali, saat ini pembangunan Kota Pekanbaru mulai menyebar ke wilayah baru, tidak hanya berpusat pada kepadatan disatu wilayah saja. Pemerataan pembangunan juga ditunjukkan dengan membuka pengembangan wilayah baru, salah satunya di Tenayan Raya. Semoga ini bisa terus dilanjutkan dan menjadi contoh buat kota lain terutama bagi kami (Tangerang Selatan)," tutur Airin.

Selain Walikota Tangerang Selatan, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah juga tak luput memberikan pujian atas perkembangan Kota Pekanbaru saat ini.

"Saya pribadi merasa kagum saat dapat melihat tatanan kota Pekanbaru yang bisa dibilang bersih dan rapi. Pekanbaru juga saat ini pembangunannya sangat pesat. Sebagai contoh pembangunan perkantoran di kawasan Tenayan Raya yang bisa kita lihat pembangunannya," terang Mahyeldi.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Komwil APEKSI Regional I se- Sumatera periode 2015-2018 itu juga mengatakan, posisi geografis Pekanbaru yang strategis dipadukan dengan program-program modernisasi yang dijalankan oleh Walikota Firdaus, membuat Pekanbaru menjadi sangat cepat berkembang.

"Seperti yang kita ketahui Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru posisinya sangat strategis. Geografisnya sangat dekat dengan negara tetangga. Banyak sektor unggulan yang bisa digerakkan Pak Firdaus, diantaranya sektor perdagangan, jasa dan industri," terang Mahyeldi.

Mahyeldi turut memberikan pujian kepada Pemko Pekanbaru. Terkhususnya Walikota Pekanbaru yang dianggapnya telah berhasil menjadikan Kota Pekanbaru kota yang smart city. Salah satu keberhasilan tersebut ditandai dengan keberhasilan Pemko Pekanbaru mengelola serta menerapkan pelayanan publik berbasis IT.

"Selogan Pekanbaru Smart City Madani tidak hanya sekedar selogan, tapi Pekanbaru benar-benar telah menjadi kota pintar (smart city) yang telah menerapkan kepada masyarakatnya. Apa yang telah diterapkan oleh Pak Firdaus patut kita contoh," ujar Mahyeldi.

Seperti yang diketahui, sejak tanggal 1 Februari hingga 3 Februari 2018 lalu, walikota se-Sumatera turut hadir dalam pelaksanaan Muskomwil I APEKSI yang digelar di Pekanbaru.

Berbagai kegiatan diikuti oleh seluruh walikota yang hadir, dimana tempat penyelenggaraan berada di beberapa titik Kota Pekanbaru. Diantaranya welcome dinner di Rumah Singgah Tuan Qadi, penanaman pohon di kawasan perkantoran Walikota Pekanbaru yang terletak Tenayan Raya, pawai budaya di Jalan Gajah Mada, serta City Expo yang digelar di Jalan Cut Nyak Dien.

Seperti yang diketahui, Walikota Pekanbaru, Firdaus, terpilih sebagai Ketua APEKSI Wilayah I di Pulau Sumatera. Firdaus terpilih secara aklamasi saat diadakan sidang pleno yang digekar di Hotel Aryaduta Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jum’at (02/02/2018) siang. Dengan jabatan ini, Firdaus akan menjabat sebagai Ketua Apeksi selama tiga tahun kedepan, tepatnya di tahun 2018-2020. (bpc9/adv)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pendemo Suku Sakai Jalan Kaki ke Kantor DPRD Riau
Senin, 19 Pebruari 2018 12:33

Pendemo Suku Sakai Jalan Kaki ke Kantor DPRD Riau

Usai melakukan demo di depan kantor Polda Riau, Senin (19/2/18) ratusan mahasiswa dan masyarakat Suku Sakai, mulai bergerak menuju Kantor DPRD Provinsi Riau.

Spanduk Lukman Edy Masih Terpajang di Jalan Hang Tuah
Senin, 19 Pebruari 2018 12:25

Spanduk Lukman Edy Masih Terpajang di Jalan Hang Tuah

Spanduk Paslon dengan jargon Gubernur Zaman Now masih terpajang jelas di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru.  

Puncak Musim Kemarau Terjadi di Juni hingga Agustus
Senin, 19 Pebruari 2018 12:15

Puncak Musim Kemarau Terjadi di Juni hingga Agustus

Puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada bulan Juni hingga Agustus 2018 nanti. 

Masa Kampanye Pilgub Riau, 1 Desa Hanya Boleh 1 Posko
Senin, 19 Pebruari 2018 12:00

Masa Kampanye Pilgub Riau, 1 Desa Hanya Boleh 1 Posko

Komisioner Bawaslu Riau, Neil Antariksa menyebutkan 1 desa/kelurahan hanya boleh didirikan 1 posko pemenangan oleh Paslon Gubri.

BMKG: Februari Riau Masuk Musim Kemarau Pertama
Senin, 19 Pebruari 2018 11:43

BMKG: Februari Riau Masuk Musim Kemarau Pertama

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sukisto mengatakan pada bulan Februari 2018 ini, Riau sudah masuk pada musim kemarau pertama.

Demo Mahasiswa dan Masyarakat Suku Sakai, Jalan Gajah Mada Ditutup 1 Ruas
Senin, 19 Pebruari 2018 11:28

Demo Mahasiswa dan Masyarakat Suku Sakai, Jalan Gajah Mada Ditutup 1 Ruas

Akibat demo ratusan mahasiswa dan masyarakat Suku Sakai di depan Kantor Polda Riau, Senin (19/2/2018), satu ruas Jalan Gajah Mada Pekanbaru ditutup satu ruas.

Mahasiswa dan Masyarakat Suku Sakai Serbu Polda Riau
Senin, 19 Pebruari 2018 11:20

Mahasiswa dan Masyarakat Suku Sakai Serbu Polda Riau

Ratusan mahasiswa dan masyarakat Suku Sakai menyerbu kantor Polda Riau, Senin (19/2/2018) pagi.

Dilaporkan ke Bawaslu, KPU Riau: Kami Transparan Sejak Awal
Senin, 19 Pebruari 2018 11:00

Dilaporkan ke Bawaslu, KPU Riau: Kami Transparan Sejak Awal

KPU Riau menyatakan proses pendaftaran dan penetapan cagub Riau telah transparan sejak awal.

Dikabarkan Ada Demo, Kantor Gubernur Riau Dijaga Polisi
Senin, 19 Pebruari 2018 10:45

Dikabarkan Ada Demo, Kantor Gubernur Riau Dijaga Polisi

Dikabarkan ada aksi demonstrasi dari masyarakat Sakai di Kantor Gubernur Riau pada hari ini, Senin (19/2/2018) di Pekanbaru.

KPU Dilaporkan, Bawaslu Riau: Kami Siap Menerima
Senin, 19 Pebruari 2018 10:40

KPU Dilaporkan, Bawaslu Riau: Kami Siap Menerima

Bawaslu Riau menyatakan kesiapannya untuk menerima laporan dari masyarakat tentang dugaan pelanggaran Pemilu.