Setengah Penduduk Inhil Sudah Pakai BPJS

Jumat, 16 Desember 2016 09:00
Setengah Penduduk Inhil Sudah Pakai BPJS

BERTUAHPOS.COM (BPC), TEMBILAHAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau mencatat jumlah kepesertaan yang sudah tercover sebagai anggota Kartu JKN-KIS di Kabupaten Inhil sebanyak 51.95 Persen dari total penduduk sebanyak 751.000 Jiwa.

"Penjaringan ini akan terus kita upayakan termasuk melalui dukungan Pemerintah daerah terhadap masyarakat Inhil yang belum tercover kedalam JKN_KIS," kata Kepala BPJS Cabang Tembilahan, Yessi rahimi di Tembilahan, Rabu.

Yessi menyampaikan, berdasarkan data per Oktober 2016, kepesertaan masyarakat Kabupaten Inhil sebagai anggota JKN-KIS berjumlah 313.626, sedangkan peserta yang aktif hanya berjumlah 294.981 jiwa.

Ia mengungkapkan, ketidak aktifan ini, diantaranya merupakan peserta mandiri yang hingga sekarang tidak lagi membayar iyuran kesehatan dengan alasan tidak mampu.

Selanjutnya, berdasarkan rekapitulasi daftar kepesertaan penduduk Kecamatan wilayah Kabupaten Inhil dengan jumlah tertinggi melakukan registrasi ke BPJS adalah Kecamatan Teluk Belengkong sebanyak 97.69 Persen, Sedangkan jumlah terendah yaitu Kecamatan Kempas yang hanya bejumlah 26 Persen.

Selain itu, Yessi menuturkan terdapat pula perserta tambahan dari Penerima Bantuan Iyuran (PBI) APBD Kabupaten Inhil dengan jumlah 77.541 jiwa.

"Kartunya akan segera kita serahkan. saat ini belum seluruhnya tercetak, namun peserta bisa menggunakan KTP untuk berobat," terangnya.

Yessi menambahkan, penjaringan perserta JKN_KIS akan terus diupayakan baik melalui pemerintah daerah dengan program Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) yang mana pembayaran premi kepesertaan akan di tanggung melalui APBD Kabupaten, maupun melalui pemerintah provinsi.

Lebih lanjut, Ia menegaskan akan siap membantu pemerintah daerah untuk mencapai "Universal healt coverage" karena untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat salah satunya adalah kesehatan yang terjamin.

"Harapan ini tentunya disinergikan bersama dengan dukungan dari pemerintah dan semua forum komunikasi dalam program stategis nasional ini," harapnya. 

Bupati HM Wardan dalam arahannya juga mengatakan, Pembentukan forum komunikasi dan forum kemitraan para pemangku kepentingan utama ini, tidak hanya berupa kegiatan seremonial saja, namun diharapkan mampu benar-benar berfungsi dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya.

"Forum kemitraan ini sebagai wadah komunikasi antar pihak, baik itu berupa saran dan solusi maupun penyusunan program," ucapnya.

Aplikasikan forum ini untuk membahas integrasi peserta JKN-KIS bersama dengan kontribusi dari berbagai pihak.

"Seperti sekarang ini, Kabupaten Indragiri Hilir sudah terdata sekitar 51 Persen anggota kepesertaan JKN-KIS. Hal ini yang harus kita tingkatkan, untuk menjangkau masyarakat Indragiri Hilir yang belum tercover kedalam JKN-KIS," terangnya.

Mitra kerja, kata dia, diharapkan dapat membuat rencana kerja, sehingga pemerintah mengetahui permasalahan secara detail terhadap masalah kesehatan masyarakat serta ada langkah, solusi dan tidak lanjut yg bisa dilakukan. sehingga keberadaan forum ini bisa bermanfaat secara maksimal.

Terakhir ia mengajak kepada mitra kerja untuk bersinergi meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan demi menciptakan rakyat sehat melalui program JKN-KIS. (ADV)

TRAVELLING

Berita Terkini

Ayam Geprek Mas Aceng Usung Konsep Open Kitchen
Minggu, 24 September 2017 19:03

Ayam Geprek Mas Aceng Usung Konsep Open Kitchen

Berbicara tentang ayam, tentu tidak asing lagi jika diolah menjadi beragam menu yang menggugah selera makan anda, apalagi ditambah sambal khas.  

Mobil Tabrak Tiang, Listrik di Tembilahan Padam
Minggu, 24 September 2017 15:59

Mobil Tabrak Tiang, Listrik di Tembilahan Padam

PT PLN (Persero) cabang Tembilahan terpaksa melakukan pemadaman dibeberapa wilayah. Pemadaman Sementara ini dikarnakan Gangguan di OGF 5 tepatnya di Rec.Coconaco (tiang listrik) karena di tabrak mobil, Ahad (24/9/2017)

Ini Ternyata Alasan Deni Cagur Buka Outletnya di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 15:05

Ini Ternyata Alasan Deni Cagur Buka Outletnya di Pekanbaru

Pekanbaru Cassatta  bereksplorasi  dan mencoba  terobosan baru dalam mengolah buah Nanas yang menjadi  ciri  khas Kota Pekanbaru sebagai penghasil buah Nanas terbanyak dari inodnesia. Hal itulah yang menjadikan alasan sang komedian Deni Cagur membuka bisnisnya di Pekanbaru.

Aksi Curanmor Ayah dan Anak Terhenti di Tangan Polisi
Minggu, 24 September 2017 15:00

Aksi Curanmor Ayah dan Anak Terhenti di Tangan Polisi

Ibarat pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya, seperti aksi Ayah dan anak di Inhil ini. Har alias Mi (35) dan anaknya Oj Bin Har (13), terpaksa harus diamankan Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil), di Jalan Gunung Daek, Tembilahan karna telah melakukan pelaku Curanmor, Ahad (24/9/2017) sekitar pukul 00.30 WIB.

Koramil 03/Tempuling Tayangkan Film G-30S/PKI, Masyarakat Harap di Putar Kembali
Minggu, 24 September 2017 14:18

Koramil 03/Tempuling Tayangkan Film G-30S/PKI, Masyarakat Harap di Putar Kembali

Ahad (24/9/2017). Laksanakan Nonton bareng (Nobar) Film G-30S/PKI, tadi malam di Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Tempuling, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Masyarakat berharap dapat di putar kembali dengan Versi

Mengintip Mesjid dengan Arsitektur Eropa di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 13:13

Mengintip Mesjid dengan Arsitektur Eropa di Pekanbaru

Siapa yang tak kenal Masjid An-Namira?, Masjid An-namira yang terletak di depan Mall SKA tepatnya di Jalan Tuanku Tambusai, Minggu (24/09/17). Masjid ini bercorakkan tulisan kaligrafi disetiap dindingnya

Penyewa Motor Kecil Dilarang Masuk Areal CFD, Anak-Anak Malah Balapan di Areal Kantor KPU Riau
Minggu, 24 September 2017 13:03

Penyewa Motor Kecil Dilarang Masuk Areal CFD, Anak-Anak Malah Balapan di Areal Kantor KPU Riau

Disperindag Pekanbaru menegaskan setiap penyewa kendaraan yang menggunakan mesin tidak diperbolehkan melintasi areal Car Free Day (CFD) Pekanbaru. 

Beli Kue Pekanbaru Casatta Hari Ini Dilayani Deni Cagur dan Istri
Minggu, 24 September 2017 13:01

Beli Kue Pekanbaru Casatta Hari Ini Dilayani Deni Cagur dan Istri

Pengunjung yang ingin membeli kue di  Pekanbaru Casatta hari ini dilayani langsung oleh Deni Cagur beserta istri, Minggu (24/9/2017)

 Mobil dan Masyarakat Berbagi Ruang di Areal Pedagang CFD, Irba: Hanya Ambulance Saja!
Minggu, 24 September 2017 12:56

Mobil dan Masyarakat Berbagi Ruang di Areal Pedagang CFD, Irba: Hanya Ambulance Saja!

Sejak pedagang Car Free Day (CFD) Pekanbaru ditata, pengunjung CFD yang ingin mencari makan atau minuman harus berbagi ruang dengan kendaraan yang melintas. Seperti yang trlihat dari pantauan bertuahpos.com, Minggu (24/9/2017)

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Bupati Inhil: Masyarakat Harus Berolahraga
Minggu, 24 September 2017 12:51

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Bupati Inhil: Masyarakat Harus Berolahraga

Himbau masyarakat jauhi narkoba, Bupati HM Wardan mengajak masyarakat berolahraga di waktu senggang. Ahad (24/9/2017). Himbauan ini disampaikan Wardan saat membuka kegiatan jalan santai