Setengah Penduduk Inhil Sudah Pakai BPJS

Jumat, 16 Desember 2016 09:00
Setengah Penduduk Inhil Sudah Pakai BPJS

BERTUAHPOS.COM (BPC), TEMBILAHAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau mencatat jumlah kepesertaan yang sudah tercover sebagai anggota Kartu JKN-KIS di Kabupaten Inhil sebanyak 51.95 Persen dari total penduduk sebanyak 751.000 Jiwa.

"Penjaringan ini akan terus kita upayakan termasuk melalui dukungan Pemerintah daerah terhadap masyarakat Inhil yang belum tercover kedalam JKN_KIS," kata Kepala BPJS Cabang Tembilahan, Yessi rahimi di Tembilahan, Rabu.

Yessi menyampaikan, berdasarkan data per Oktober 2016, kepesertaan masyarakat Kabupaten Inhil sebagai anggota JKN-KIS berjumlah 313.626, sedangkan peserta yang aktif hanya berjumlah 294.981 jiwa.

Ia mengungkapkan, ketidak aktifan ini, diantaranya merupakan peserta mandiri yang hingga sekarang tidak lagi membayar iyuran kesehatan dengan alasan tidak mampu.

Selanjutnya, berdasarkan rekapitulasi daftar kepesertaan penduduk Kecamatan wilayah Kabupaten Inhil dengan jumlah tertinggi melakukan registrasi ke BPJS adalah Kecamatan Teluk Belengkong sebanyak 97.69 Persen, Sedangkan jumlah terendah yaitu Kecamatan Kempas yang hanya bejumlah 26 Persen.

Selain itu, Yessi menuturkan terdapat pula perserta tambahan dari Penerima Bantuan Iyuran (PBI) APBD Kabupaten Inhil dengan jumlah 77.541 jiwa.

"Kartunya akan segera kita serahkan. saat ini belum seluruhnya tercetak, namun peserta bisa menggunakan KTP untuk berobat," terangnya.

Yessi menambahkan, penjaringan perserta JKN_KIS akan terus diupayakan baik melalui pemerintah daerah dengan program Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) yang mana pembayaran premi kepesertaan akan di tanggung melalui APBD Kabupaten, maupun melalui pemerintah provinsi.

Lebih lanjut, Ia menegaskan akan siap membantu pemerintah daerah untuk mencapai "Universal healt coverage" karena untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat salah satunya adalah kesehatan yang terjamin.

"Harapan ini tentunya disinergikan bersama dengan dukungan dari pemerintah dan semua forum komunikasi dalam program stategis nasional ini," harapnya. 

Bupati HM Wardan dalam arahannya juga mengatakan, Pembentukan forum komunikasi dan forum kemitraan para pemangku kepentingan utama ini, tidak hanya berupa kegiatan seremonial saja, namun diharapkan mampu benar-benar berfungsi dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya.

"Forum kemitraan ini sebagai wadah komunikasi antar pihak, baik itu berupa saran dan solusi maupun penyusunan program," ucapnya.

Aplikasikan forum ini untuk membahas integrasi peserta JKN-KIS bersama dengan kontribusi dari berbagai pihak.

"Seperti sekarang ini, Kabupaten Indragiri Hilir sudah terdata sekitar 51 Persen anggota kepesertaan JKN-KIS. Hal ini yang harus kita tingkatkan, untuk menjangkau masyarakat Indragiri Hilir yang belum tercover kedalam JKN-KIS," terangnya.

Mitra kerja, kata dia, diharapkan dapat membuat rencana kerja, sehingga pemerintah mengetahui permasalahan secara detail terhadap masalah kesehatan masyarakat serta ada langkah, solusi dan tidak lanjut yg bisa dilakukan. sehingga keberadaan forum ini bisa bermanfaat secara maksimal.

Terakhir ia mengajak kepada mitra kerja untuk bersinergi meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan demi menciptakan rakyat sehat melalui program JKN-KIS. (ADV)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil
Sabtu, 20 Januari 2018 22:00

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pemutakhiran data pemilih. Mengawali tahapan tersebut, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) menyambangi Bupati Inhil, HM Wardan, Sabtu (20/1/2018) pagi.

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 21:26

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru

Bagi Anda fans klub Manchester United (MU) khususnya yang berada di Kota Pekanbaru sekitarnya, ramaikan nonton bareng (nobar) pertandingan MU berhadapan dengan Burnley malam ini, Sabtu (20/12/2018).

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar
Sabtu, 20 Januari 2018 21:00

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer, enggan mengomentari pernyataan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau yang mengatakan dirinya terbukti terlibat dalam politik praktis.

Sensasi Dengan Beragam Toping,  Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 20:30

Sensasi Dengan Beragam Toping, Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru

Menikmati degan alias  kelapa segar bersama keluarga dan sahabat? Anda hanya merogoh kocek Rp25.000. 

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS
Sabtu, 20 Januari 2018 20:00

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS

Baru ini masih hangat diperbincangkan tentang dibalik keunggulan kemiliteran negara Amerika Serikat, bahwa pada hari Jumat (19/1/2018) kemarin pentagon membuat sebuah strategi pertahanan baru yang mereka  dikeluarkan.

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri
Sabtu, 20 Januari 2018 19:30

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri

Setelah sebelumnya menjadi pionir penerapan SIMDA di kawasan Propinsi Kepulauan Riau, kali ini Pemerintah Kabupaten Karimun kembali menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Riau Kepri tentang pelaksanaan transaksi non tunai, Jumat (19/1/18).

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia
Sabtu, 20 Januari 2018 19:15

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia

Lima partai politik telah setuju LGBT berkembang di Indonesia. Bahkan, Undang-undang tentang LGBT juga tengah dibahas di DPR RI.

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini
Sabtu, 20 Januari 2018 19:02

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini

Gunung Sinabung kembali erupsi hari ini, Sabtu (20/1/2018).

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja
Sabtu, 20 Januari 2018 12:54

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Idola Celluler Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja.

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik
Sabtu, 20 Januari 2018 12:30

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik

Harga beras akhir pekan ini di Pekanbaru perlahan naik. Selain harga beras, harga gula khususnya gula merah juga mengalami kenaikan harga.