Jemput Aspirasi Masyarakat, Jurus Bupati Yopi Dalam Lakukan Pembangunan

Rabu, 20 Desember 2017 12:36
Jemput Aspirasi Masyarakat, Jurus Bupati Yopi Dalam Lakukan Pembangunan
foto: istimewa

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bupati Inhu H Yopi Arianto sering menggelar touring menggunakan sepeda motor trail yang dilakukan untuk menjemput aspirasi masyarakat. Touring ini biasanya dilakukan dadakan guna bersilaturahmi dengan masyarakat untuk mengetahui kondisi lapangan.

Dari hasil touring yang dilaksanakan bupati termuda ini pada tahun 2017, telah berhasil  membangun Jalan sepanjang 64 KM lebih. Perjuangan panjang Bupati Inhu H Yopi Arianto SE melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) berhasil melobi pemerintah pusat dan akhirnya membuahkan hasil.

Untuk tahun 2017 ini, Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran ke Kabupaten Inhu senilai  Rp 42 Miliar lebih melalui dana alokasi khusus (DAK).

Anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan jalan senilai Rp 31 Miliar lebih, Sumber Daya Alam (SDA) senilai Rp 5 Miliar lebih dan Cipta Karya senilai Rp 5 Miliar lebih. “Sebagian proyek pembangunan yang bersumber dari DAK sudah ada yang tuntas lelang dan tinggal melaksanakan pekerjaan,” ujar Plt Kadis PUPR Kabupaten Inhu Ir Yelpidar.

Menurutnya, untuk pembangunan jalan aspal dalam wilayah Kabupaten Inhu yang bersumber dari DAK diantaranya di Simpang Empat Belilas – Bukit Meranti Kecamatan Seberida sepanjang 2,7 KM dengan anggaran Rp 9,5 M. Kemudian pembangunan jalan di Desa Bandanr Padang Kecamatan Seberida sepanjnga 2,7 KM dengan anggaran Rp 9,5 Miliar dan pembangunan jalan di Desa Petonggan sepanjang 2 KM 7,3 Miliar.

Tidak hanya itu, pembangunan jalan juga dilaksanakan dengan APBD Kabupaten Inhu tahun 2017 di antaranya, di Desa Lubuk Sitarak – Desa Kuantan Tenang Rakit Kulim sepanjang 1 KM dengan anggaran Rp 2,7 Miliar. Selanjutnya dalam Kota Rengat sepanjang 1,6 KM dengan anggaran 2,1 Miliar.

Kemudian peningkatan Jalan Simpang Kulim Jaya di Kecamatan Lubuk Batu Jaya sepanjang 2 KM dengan anggaran Rp 3,8 Miliar. “Pembangunan Jalan Desa Plangko Pasir Beringin sepanjang 2 KM dengan anggaran Rp 3,5 Miliar juga bersumber dari APBD Inhu 2017,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pembangunan pemeliharaan Jalan Petar Silunak Kecamatan Batang Peranap sepanjang 1,5 KM dengan anggaran 1,8 Miliar dan dalam Kota Pematang Reba sepanjang 3,8 KM dengan anggarabn Rp 1,8 Miliar. Untuk di Desa Talang Jerinjing – Sekip Hilir menghabiskan anggaran sebanyak Rp 1,2 Miliar dengan pajang pemeliharan 3 KM.

Peningkatan jalan di Sungai Lala – Lubuk Batu Tinggal sepanjang 20 KM dengan anggaran Rp 2,3 Miliar dan Bukit Selasi – Simpang Empat Belilas sepanjang 7 KM dengan anggaran Rp 1,1 Miliar. Selanjutnya juga ada peningkatan jalan di Semelinang Darat – Kota Medan sepanjang 15 KM dengan anggaran Rp1,2 Miliar.

“Selain itu juga ada dua jembatan di Kecamatan Batang Peranap dengan anggaran sekitar Rp 11,6 Miliar dan sarana air bersih di delapan kecamatan dengan anggaran Rp 9,5 Miliar lebih,” terangnya.

Berbagai pujian disampaikan oleh pihak terkait termasuk Ketua DPRD Inhu Miswanto. Menurutnya walaupun saat ini ada Keterbatasan Anggaran namun pembangunan infrastruktur seperti jalan tetap berjalan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari perjuangan panjang Bupati Inhu H Yopi Arianto.

Perjuangan yang dilakukan bupati mulai dari menjemput aspirasi sampai dengan melobi anggaran patut diapresiasi. Touring yang dilaksanakan Bupati dengan menggunakan sepeda motor trail selama ini sedikit demi sedikit membuahkan hasil.

Meskipun dengan melalui perjalanan yang sulit serta berlumpur tetapi tidak melemahkan dan menggoyahkan semangat Bupati untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apabila jalan di berbagai daerah terpelosok dapat dibangun maka secara otomatis berbagai potensi yang ada di desa dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam setiap musrenbang desa/Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten yang paling besar diusulkan oleh masyarakat adalah pembangunan jalan. Apabila dilihat dari usulan yang masuk maka apabila dijumlahkan anggarannya satu tahun anggaran usulan masyarakat bisa menelan anggaran untuk lima tahun,” ungkap Miswanto.

Untuk itulah menurut Ketua DPRD Inhu sangat diperlukan sekali berbagai upaya meningkatkan pendapatan melalui DBH. Serta juga dari DAK untuk membangun jalan yang ada dalam wilayah Inhu.

“Serta yang cukup penting juga peran dari perusahaan yang ada di seluruh wilayah Inhu khususnya perusahaan perkebunan. Diharapkan dapat membantu membangun jalan yang ada di sekitar perusahaan yang tersebar di berbagai desa,” harap Miswanto.

Melihat besarnya usulan masyarakat untuk membangun jalan apabila dibangdingkan menurut Miswanto 1:5. Untuk itu kedepannya diharapkan masyarakat dapat memahami hal tersebut.

“Jadi dalam pembahasan anggaran khusus infrastruktur jalan tetap mengacu pada skala prioritas. Ini tantangan yang hasrus diketahui oleh masyarakat, tetapi pembangunan jalan tetap berjalan seperti juga ada jalan lintas selatan serta berbagai jalan lainnya di seluruh wilayah Inhu," terang Miswanto. (adv)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pakar Politik Pertanyakan Agenda Walikota Pekanbaru di Kampar, Ada Apa?
Selasa, 23 Januari 2018 23:30

Pakar Politik Pertanyakan Agenda Walikota Pekanbaru di Kampar, Ada Apa?

Seorang pakar politk, Saiman Pakpahan, mempertanyakan keberadaan dan agenda Walikota Pekanbaru, Firdaus, di Kabupaten Kampar.

Pot Bunga “Raksasa” Mulai Rusak, PUPR Pekanbaru Akui Salah Letak
Selasa, 23 Januari 2018 23:29

Pot Bunga “Raksasa” Mulai Rusak, PUPR Pekanbaru Akui Salah Letak

Mulai rusaknya pot bunga “raksasa” yang ada di beberapa median jalan Kota Pekanbaru, diakui oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pekanbaru dikarenakan peletakan yang salah.

Zulkifli Hassan Diminta Ungkap 5 Fraksi DPR yang Setuju Pelegalan LGBT
Selasa, 23 Januari 2018 23:18

Zulkifli Hassan Diminta Ungkap 5 Fraksi DPR yang Setuju Pelegalan LGBT

Ketua MPR RI, Zulkifli Hassan diminta terbuka dan menyebutkan 5 fraksi di DPR yang menyetujui LGBT berkembang di Indonesia.

Golden Tulip Esential Hadirkan Midnight Sale Hanya Rp 399.999
Selasa, 23 Januari 2018 22:05

Golden Tulip Esential Hadirkan Midnight Sale Hanya Rp 399.999

Lelah sepulang kerja kena macet atau takut macet? tentu  anda membutuhkan tempat istirahat yang nyaman untuk beristirahat kan? 

Mutasi Besar-Besaran, 112 Kepala Sekolah di Pekanbaru Dilantik
Selasa, 23 Januari 2018 21:55

Mutasi Besar-Besaran, 112 Kepala Sekolah di Pekanbaru Dilantik

Mutasi-mutasi besar-besaran kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru akhirnya terjadi. Sebanyak 112 orang kepala sekolah akhirnya resmi dilantik, Selasa (23/1/2018).

Pot Bunga Jalan Milik Pemko Jadi Tempat Sampah
Selasa, 23 Januari 2018 21:32

Pot Bunga Jalan Milik Pemko Jadi Tempat Sampah

Pot bunga yang terletak di sepanjang jalan KH Ahmad Dahlan Kota Pekanbaru jadi tempat sampah. 

Ini Alasan Pengunjung Pilih Berolahraga Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru
Selasa, 23 Januari 2018 20:25

Ini Alasan Pengunjung Pilih Berolahraga Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru

Sore hari,  Masjid Raya An Nur kerap menjadi pilihan masyarakat untuk berolahraga. 

Bawaslu Sebut Dirinya Terlibat Politik Praktis, Sekda M Noer bersikukuh Tak Bersalah
Selasa, 23 Januari 2018 20:14

Bawaslu Sebut Dirinya Terlibat Politik Praktis, Sekda M Noer bersikukuh Tak Bersalah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, M Noer, tetap bersikukuh dirinya tidak bersalah sekalipun Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) Riau telah mengatakan dirinya terbukti terlibat dalam politik praktis.

Potret Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru
Selasa, 23 Januari 2018 19:02

Potret Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru

Terik matahari mulai memudar, angin sepoi-sepoi membuat dedaunan disekitaran halaman Masjid Raya An Nur manari-nari. 

12 Februari 2018, Paslon Gubri Petahana Wajib Cuti Kampanye
Selasa, 23 Januari 2018 17:36

12 Februari 2018, Paslon Gubri Petahana Wajib Cuti Kampanye

KPU Riau akan menetapkan Paslon Gubri pada tanggal 12 Februari nanti. Setelah itu, para calon kepala daerah aktif sudah harus cuti kampanye.