Indonesia Good Corporate Governance Award 2016, BRK Raih Peringkat 2 GCG untuk BUMD Nasional

Sabtu, 10 Desember 2016 11:07 373
Indonesia Good Corporate Governance Award 2016, BRK Raih Peringkat 2 GCG untuk BUMD Nasional

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Implementasi tata kelola perbankan yang menerapkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi dan kewajaran yang telah diterapkan Bank Riau Kepri (BRK) diapresiasi saat malam penganugerahan Indonesia Good Corporate Governance (IGCG) Award II Tahun 2016. Acara yang berlangsung di Balai Kartini Jakarta Rabu (7/12/2016) lalu menjadi bentuk penghargaan tertinggi bagi perusahaah yang terbaik dalam menjalankan GCG di Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Komisaris Utama Bank Riau Kepri HR. Mambang Mit, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Eka Afriadi, Pemimpin Divisi Kepatuhan Ikhwan dan Pemimpin Divisi Manajemen Risiko Hendra Buana. Bank Riau Kepri yang memperoleh Penghargaan IGCG Award 2016 sebagai terbaik 2 Perusahaan BUMD di Indonesia dengan Prediket A (Sangat  Baik), berdasarkan penilaian penjurian IGCG II dilakukan secara objektif dan fair oleh dewan juri independen yang berkompeten di bidang GCG.

Indikator penilaian antara lain dilihat dari Laporan Keuangan Audited 2015 (25%), laporan tahunan 2015 (40%), kelengkapan infrastruktur GCG (20%), kelengkapan soft structure GCG (10%) dan keterbukaan atas masalah yang dihadapi perusahaan (5%).

IGCGA 2016 yang diselenggarakan oleh Majalah Economic Review bekerjasama dengan IPMI International Business School, Sinergi Daya Prima dan Indonesia Asia Institute – Ideku Group, bertujuan untuk memacu perusahaan dalam meningkatkan prestasi dan mengimplementasikan praktek GCG di Indonesia. Para pemenang IGCGA 2016 terdiri dari Perusahaan Swasta, BUMN, BUMD, BPD dan lain nya.
Pendiri Majalah Economic Review dalam sambutannya mengatakan bahwa para pemenang IGCG 2016 merupakan perusahaan yang dapat survive dalam persaingan serta tetap menerapkan etika bisnis  yaitu penerapan GCG sehingga dapat mewujudkan iklim usaha yang sehat dan transparan.

“Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, Bank Riau Kepri  berkomitmen menjadikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sebagai dasar pijakan dalam menjalankan kegiatan usahanya", hal ini disampaikan oleh Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko Bank Riau Kepri Eka Afriadi setelah menerima penghargaan.  

Menurut Eka, pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance)  menjadi perhatian dan tolok ukur pemangku kepentingan untuk melihat kestabilan dan keberlanjutan perusahaan.  Penerapan GCG sendiri mengacu kepada Peraturan OJK No. 18/POJK tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Konglomerasi Keuangan yang mencakup prinsip-prinsip Keterbukaan (transparency), Akuntabilitas (accountability), Pertanggungjawaban (responsibility), Independensi atau Profesional, dan Kewajaran (fairness).
         
Lebih lanjut Eka Afriadi menyampaikan bahwa Bank Riau Kepri menyadari pentingnya penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada setiap tindakan yang diambil demi menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh para pemangku kepentingan seperti nasabah, investor, pemegang saham, masyarakat umum serta insan di Bank Riau Kepri sendiri. (adv)

 

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Pasar Bawah yang Melegenda
Sabtu, 21 Januari 2017 11:00

Pasar Bawah yang Melegenda

Siapa yang tidak tahu dengan Pasar Bawah Pekanbaru? Hampir semua warga Kota Pekanbaru mengetahui pasar yang terletak di Jalan Ahmad Yani Ujung ini. Bahkan ada yang menyebutkan belum ke Pekanbaru kalau belum berkunjung ke Pasar Bawah.

Aksi Demonstrasi Tolak Pelantikan Trump
Sabtu, 21 Januari 2017 10:43

Aksi Demonstrasi Tolak Pelantikan Trump

Detik-detik menjelang pelantikan Donald Trump, aksi penolakan juga terjadi. Mereka memblokir area menuju acara. Mereka membawa spanduk-spanduk berisi penolakan. Dan beberapa di antara

Tahun Ini, Penyaluran KUR Ditargetkan Naik Rp 110 Triliun
Sabtu, 21 Januari 2017 10:39

Tahun Ini, Penyaluran KUR Ditargetkan Naik Rp 110 Triliun

Pemerintah targetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Rp 100 trilun menjadi sebesar Rp 110 pada tahun 2017 ini, suoaya KUR juga mengalir ke sektor produksi di luar perdagangan. Seperti pertanian dan perikanan.
 

Gubri Pastikan Adwar Sanger Jadi Pj Walikota Pekanbaru
Sabtu, 21 Januari 2017 10:30

Gubri Pastikan Adwar Sanger Jadi Pj Walikota Pekanbaru

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman pastikan Edwar Sanger naik jadi Penjabat Sementara (Pj) Walikota Pekanbaru. Edwar kini sudah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt)  Wali Kota Pekanbaru.

Kadis Diminta Tidak Hanya Pikir Realisasi Tinggi, Kualitas Itu Penting
Sabtu, 21 Januari 2017 10:20

Kadis Diminta Tidak Hanya Pikir Realisasi Tinggi, Kualitas Itu Penting

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menegaskan kepala dinas tidak hanya pikirkan bagaimana realisasi APBD tinggi. Sedangkan kualitas dari pembangunan buruk. 

Modus Memukul Adek,  Pelajar Ini Dirampas Dua Pelaku Tak Dikenal
Sabtu, 21 Januari 2017 10:07

Modus Memukul Adek, Pelajar Ini Dirampas Dua Pelaku Tak Dikenal

Perampasan dan pengancaman terjadi Jumat malam (20/1/2017). Pemerasan dialami VA (14), yang mana awa terjadinya pemerasan dan pengancaman

Jadi Pasar Tertua, Pasar Bawah Saksi Bisu Peradaban Pekanbaru
Sabtu, 21 Januari 2017 10:00

Jadi Pasar Tertua, Pasar Bawah Saksi Bisu Peradaban Pekanbaru

Pasar bawah merupakan pasar tertua di Pekanbaru. Meski tidak banyak referensi yang menjelaskan kepasrian tahun berdirinya pasar ini. Awalnya hanya pasar tradisional biasa.

Coco' Film Terbaru Dari Disney-Pixar, Penasaran?
Sabtu, 21 Januari 2017 09:56

Coco' Film Terbaru Dari Disney-Pixar, Penasaran?

Disney-Pixar menghadirkan film animasi berjudul Coco. Seperti film-film sebelumnya, Disney-Pixar menghadirkan film yang sarat pesan kehidupan. Coco yang disutradari oleh Lee Unkrich berfokus pada

KPK Cegah Eks Dirops Citilink Ke Luar Negeri
Sabtu, 21 Januari 2017 09:52

KPK Cegah Eks Dirops Citilink Ke Luar Negeri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mencekal ke luar negeri terhadap ‎mantan Direktur Operasional (Dirops) PT Citilink Indonesia, Hadinoto Soedigno.

Yudi: Wajar Kalau Mata Uang NKRI Mirip Negara Asing
Sabtu, 21 Januari 2017 09:45

Yudi: Wajar Kalau Mata Uang NKRI Mirip Negara Asing

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Yudi Harimurti mengatakan sangat wajar, jika mata uang NKRI mirip dengan mata uang asing.